Senin, 17 Desember 2012

Gaji Gubernur dan Pegawai BI Naik Lagi Tahun Depan

Gaji dewan gubernur dan pegawai Bank Indonesia naik lagi tahun depan. Kenaikan itu dihitung berdasarkan inflasi tahunan dan prestasi kinerja. Gaji pokok Gubernur BI pada tahun 2013 maksimal Rp 199,34 juta, sedangkan Deputi Gubernur BI bergaji pokok Rp 123,1 juta.

Perhitungan gaji itu berdasarkan asumsi inflasi pada tahun 2012 sebesar 4,5 persen yang seragam untuk semua pegawai dan Dewan Gubernur BI. Persentase kenaikan gaji berdasarkan indeks prestasi bervariasi bergantung pada kinerja. Nilainya maksimal 6 persen untuk dewan gubernur dan 8 persen untuk pegawai.
Kenaikan gaji itu disepakati dalam rapat BI dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Senin (10/12/2012), yang berlangsung santai. "Selamat mengalami kenaikan gaji," kata Wakil Ketua Komisi XI Harry Azhar Azis sebagai pemimpin rapat.

Gubernur BI Darmin Nasution beserta tiga Deputi Gubernur, yakni Halim Alamsyah, Hartadi Agus Sarwono, dan Ronald Waas hadir dalam rapat, Senin. Menjawab ucapan selamat itu, Darmin tersenyum.
Catatan Kompas, Komisi XI DPR menyetujui kenaikan gaji pokok pegawai dan Dewan Gubernur BI sebesar 3 persen pada tahun 2012. Selain itu, masih ada tambahan berupa kenaikan gaji berdasarkan indeks kinerja utama yang besarnya 3-7 persen.

Pegawai dan Dewan Gubernur BI masih menerima berbagai tunjangan. Catatan yang diterima Komisi XI DPR, Gubernur BI mendapatkan tunjangan insentif, hari raya, dan cuti tahunan pada tahun 2012 yang masing-masing sebesar Rp 141 juta.

"Masih ada lagi, tunjangan fungsional dan tunjangan lembur," kata Harry.
Sepanjang tahun 2013, Gubernur BI akan menerima gaji dan tunjangan setidaknya Rp 2,815 miliar. Gaji Gubernur BI dalam setahun setara dengan 82 kali produk domestik bruto (PDB) per kapita Indonesia saat ini sebesar 3.542 dollar AS atau Rp 34 juta dengan asumsi Rp 9.600 per dollar AS.
Tahun depan, gaji pokok per bulan di BI sebesar Rp 83,06 juta untuk direktur eksekutif dan direktur senior, Rp 57,68 juta untuk direktur, Rp 49,36 juta untuk deputi direktur, dan Rp 32,86 juta untuk asisten direktur. Adapun posisi manajer akan menerima Rp 26,18 juta, asisten manajer Rp 17,72 juta, staf Rp 12,72 juta, dan asisten pelaksana Rp 6,15 juta.

Kinerja
Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, A Tony Prasetiantono, berpendapat, variabel yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan kinerja BI adalah inflasi, nilai tukar rupiah, cadangan devisa, dan suku bunga.
Untuk inflasi, diperkirakan pada tahun 2012 ini hanya 4,5 persen. Namun, menurut Tony, hasil itu bukan hanya kerja BI sendiri, melainkan kerja pemerintah juga. "Ada sumbangan jasa subsidi energi Rp 306 triliun," kata Tony.

Nilai tukar rupiah, kata Tony, melemah cukup signifikan dibandingkan negara-negara emerging market. Namun, nilai tukar yang melemah itu diperlukan untuk menolong neraca perdagangan.
Cadangan devisa per 30 November 2012 sebesar 111, 285 miliar dollar AS. Angka ini turun dari pertengahan tahun 2011 yang sekitar 124 miliar dollar AS sehingga rapor BI untuk menjaga cadangan devisa tidak bagus.

Adapun suku bunga acuan sebesar 5,75 persen merupakan prestasi yang baik bagi BI. Pembandingnya, misalnya, India yang suku bunga acuannya 8 persen.
Harry mengakui, Komisi XI belum membahas lebih lanjut tentang ukuran kinerja yang menentukan indeks prestasi. Namun, kinerja itu berbasis kebijakan BI. Kebijakan BI antara lain berupa pengendalian nilai tukar rupiah.

"Komisi XI akan membahas lebih lanjut soal patokan kinerja BI ini," kata Harry.
Senin, Komisi XI juga menyetujui anggaran operasional dalam Anggaran Tahunan BI (ATBI) 2013. Jumlah penerimaan operasional Rp 16,745 triliun, sedangkan rencana pengeluaran operasional Rp 5,549 triliun.
Setengah dari pengeluaran operasional untuk gaji dan penghasilan lain, yakni Rp 2,326 triliun. Pengeluaran operasional tahun 2013 meningkat dibandingkan tahun 2012 yang sebesar Rp 5,294 triliun.

Laju Perhitungan Kenaikan Gaji Pegawai BI
 Komisi XI DPR telah menyetujui kenaikan gaji pegawai Bank Indonesia pada 2013 nanti. Kenaikan gaji ini akan menggunakan metode yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Aziz menjelaskan perhitungan kenaikan gaji karyawan dan Dewan Gubernur bank sentral Indonesia berdasarkan laju inflasi dan indeks prestasi. "Di Januari BPS akan mengumumkan inflasi berapa, misalkan 4,5 persen. Maka, itu tinggal dikalikan dengan gaji pokok. Setelah itu dikalikan hasil indeks prestasi masing-masing pegawai," jelasnya saat ditemui di Jakarta, Senin (10/12/2012) malam.

Yang patut digarisbawahi adalah adanya perbedaan indeks prestasi antara pegawai karier di BI dan Dewan Gubernur BI. Untuk Dewan Gubernur, indeks prestasi yang ditetapkan adalah 1-6, sedangkan untuk pegawai karier alias jabatan di bawah Dewan Gubernur akan memiliki indeks prestasi 1-8.

Perhitungan ini memang berbeda dibandingkan metode kenaikan gaji pegawai BI tahun ini, di mana DPR dan BI sudah menyetujui jika inflasi 2011 ditetapkan 3 persen alias tidak sesuai dengan inflasi yang ditetapkan BPS untuk periode 2011. Sementara untuk indeks prestasi ditetapkan 4 persen untuk pegawai di bawah gubernur dan 3 persen untuk posisi Dewan Gubernur.

Nah, metode perhitungan yang baru ini menyebabkan gaji antara pegawai BI yang satu dan lainnya bisa berbeda. Hal ini berlaku juga bagi anggota Dewan Gubernur.

Cuma, Harry mengaku, BI belum menjelaskan skala penilaian dari indeks penilaian tersebut.  "Mungkin untuk DG, skala penilaiannya bisa dari kebijakannya dengan bobot utama itu di inflasi dan nilai tukar. Memang mesti ada sesi tersendiri untuk pembahasan mengukur indeks prestasi," ungkap Harry.

Contoh perhitungan kenaikan gaji pegawai BI: (Gaji pokok BI x inflasi) + gaji pokok ) x indeks prestasi + gaji pokok
Misalnya: Gaji pokok pegawai BI Rp 100 juta
                Inflasi 2012 4,5 persen
                Indeks prestasi 4 persen
Maka : Rp 100 juta x 4,5% = Rp 4,5 juta
            Rp 4,5 juta + Rp 100 juta = Rp 104,5 juta
            Rp 104,5 juta x 4% = Rp 4,18 juta
            Rp 104,5 juta + Rp 4,18 juta = Rp 108,68 juta
Jadi, gaji pokok pegawai BI yang akan diterima pada 2013 dengan indeks prestasi 4 persen.(kcm)

Penerimaan PNS Akan Dibatasi

Para Pegawai Negeri Sipil.
Pemerintah akan membatasi penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) di masa mendatang. Hal itu dilakukan karena ada pemda yang menggunakan 70 persen dana APBD untuk gaji pegawai.

"Dana untuk APBD itu memang ada yang digunakan untuk belanja pegawai, sehingga kita akan batasi penerimaan PNS di tahun mendatang," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta,kepada kompas.com.

Menurut Hatta, pemerintah ke depan akan selektif dalam menerima PNS. Pemerintah juga tidak menginginkan bila ada pemerintah daerah yang harus menambah pegawai saat ada penggantian kepala daerah.

Kondisi ini hanya dianggap sebagai pemborosan belanja pemerintah daerah. Padahal, Hatta ingin pemerintah daerah menggunakan dana APBD-nya untuk infrastruktur.

"Dana APBD itu untuk infrastruktur, harus public service. Nantinya, jangan sampai ganti pejabat, terus nambah pegawai lagi," tuturnya.

Di tempat yang sama, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan akan membatasi besaran dana APBD untuk belanja pegawai. "Itu (70 persen) memang cukup besar. Agar kualitas APBD lebih baik, tentu kita harapkan biaya pegawai di APBD tidak lebih dari 50 persen," kata Agus.

Kendati demikian, pihaknya memang tidak bisa secara langsung membatasi APBD untuk belanja pegawai. Jika ingin dibatasi, maka pemerintah harus membuat kebijakan yang harus dikoordinasikan dengan badan legislatif dan eksekutif di daerah. Hal ini dilakukan agar belanja pegawai di APBD tidak lebih dari 50 persen bisa dicapai.

Sekadar catatan, dari 302 daerah, peningkatan APBD habis 50 persen untuk belanja pegawai, sehingga pembangunan infrastruktur terhambat. "Bahkan, di 11 daerah di antaranya, belanja pegawai mencapai 70 persen. Ini disebabkan tidak adanya pengaturan besaran tunjangan kesejahteraan daerah," ujar Koordinator Riset Seknas FITRA Maulana dalam catatan akhir tahun di Jakarta.

Menurut Maulana, anggaran yang begitu besar untuk belanja pegawai semakin memperkuat bahwa postur birokrasi semakin gemuk. Kendati begitu, fakta di lapangan, pelayanan birokrasi dan pembangunan infrastuktur, jauh dari capaian yang selama ini didambakan masyarakat.

Parahnya lagi, anggaran besar itu tak menyentuh masyarakat, lantaran birokrasi selalu menumpuk anggaran di akhir tahun. Tak pelak, untuk menghabiskan anggaran, pemerintah daerah dan pusat kerap menghamburkannya lewat iklan layanan masyarakat.

"Akibat anggaran yang menumpuk di akhir tahun, membuat kualitas belanja menjadi buruk. Kementerian atau lembaga pada akhirnya hanya berorientasi menghabiskan anggaran tanpa melihat capaian kinerjanya," papar Maulana.

Dari 11 kabupaten/kota yang menghabiskan 70 persen lebih APBD-nya untuk belanja pegawai, termasuk gaji dan pekerja honorer adalah Kota Langsa sebanyak 77 persen, Kabupaten Kuningan (74), Kota Ambon (73), Kabupaten Ngawi (73). Lalu, Kabupaten Bantul (72), Kabupaten Bireun (72), Kabupaten Klaten (72), Kabupaten Aceh Barat (71), Kota Gorontalo (70,3), Kabupaten Karanganyar (70,1), dan Kota Padangsidempuan (70).

Tahun Depan Gaji PNS Naik 7 Persen?

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, gaji pegawai negeri sipil (PNS) tetap akan naik sebesar 7 persen tahun 2013 mendatang meski ada kabar rencana itu dibatalkan.
Hal itu menanggapi pernyataan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar yang menyebutkan gaji PNS tahun depan tidak jadi naik. "Tetap naik, kan sudah ada anggarannya," kata Agus di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (14/12/2012).

Atas ketidaksepahaman rencana tersebut, Menteri Keuangan berencana bicara dengan Menpan untuk memperjelas masalah tersebut.

Sekadar catatan, Kementerian Keuangan memang telah menyiapkan kenaikan gaji PNS pada 2013 sesuai dengan kelompok golongannya. Kenaikan gaji tersebut rata-rata 7 persen. Golongan tersebut akan menentukan besaran persentase kenaikan gajinya.

Sebelumnya, Menpan Azwar Abubakar menyatakan, gaji PNS tak jadi naik tahun depan. Alasannya gaji PNS tak naik tahun 2013 ialah karena tak ada dana untuk membayar pensiunan PNS.
Azwar Abubakar menyebutkan, Menteri Keuangan Agus Martowardojo tak bisa memberikan izin gaji pokok untuk bisa naik antara 7 sampai 8 persen. Pasalnya Menkeu menghitung akan terjadi kekurangan dana untuk para pensiun PNS. "Menteri Keuangan tidak berani menaikkan gaji PNS," ujar Azwar Abubakar di kantor Kementerian ESDM, Jumat (14/12/2012).

Ia menjelaskan, iuran untuk pensiun PNS mencapai  Rp 10 triliun per tahun. Namun, pemerintah harus membayar Rp 60 triliun untuk para pensiunan tersebut. "Jadi, minus Rp 50 triliun, ke depan mau bayar pakai apa," ungkap Azwar Abubakar.(*)

TKW Disiksa Majikan, Dipenjara, Pulang Kaki Patah

Ilustrasi TKW.
Jakarta - TKW Oh TKW...! Raut pilu terlihat pada wajah seorang wanita asal Karawang, Uum (41). Ranjang besi di Rumah Sakit Polri Said Sukanto, Keramat Jati, Jakarta Timur, menjadi saksi bisu penderitaan tenaga kerja wanita (TKW) yang mengalami patah kaki kanan ini. Uum tak kuasa menahan siksaan majikannya di Jordania sehingga memberanikan diri melompat dari lantai 3 apartemen tempat dia bekerja.

Lima bulan sudah kaki kanannya harus merasakan sakit yang berkepanjangan karena patah tulang. Uum mengaku kerap disiksa dan diludahi oleh majikannya. Setiap kali sang majikan, US (40), bertengkar dengan istrinya, DN (28), Uumlah yang menjadi sasaran.

"Saat itu, sekitar bulan Juli 2012, pukul 19.00 waktu Jordania, saya akhirnya berani ambil keputusan untuk lompat dari lantai 3 karena sudah enggak tahan dengan perlakuan majikan saya yang selalu kasar, menjadikan saya pelampiasan saat dia berantem dengan majikan perempuan saya yang merupakan istrinya," kata Uum kepada Kompas.com di RS Polri Said Sukanto, Senin (17/12/12) petang.

Uum mengaku terpaksa lompat karena semua pintu dikunci oleh majikannya. Setelah kabur dengan melompat dari lantai 3, satu hari berikutnya sang majikan malah melaporkan bahwa Uum telah mencuri uang sebanyak 3.000 dollar AS.

Selama lima bulan sejak Juli 2012, Uum harus mendekam di balik jeruji besi di Jordania. Selama lima bulan itu juga, Uum terus berusaha menghubungi Kedubes RI di Jordania. Hingga akhirnya, Kamis (13/12/12), pihak Kedubes RI menerbangkan Uum ke Tanah Air untuk mendapatkan perawatan di RS Polri Said Sukanto, Jakarta Timur. Pihak BNP2TKI telah mengetahui hal ini dan masih melakukan penyelidikan.
Keberanian Uum mengadu nasib di negeri orang bukan untuk yang pertama kalinya. Sebelumnya, dia pernah bekerja di Arab Saudi sebanyak dua kali dan di Kuwait satu kali. Selama di dua tempat itu, pekerjaan Uum lancar saja. Namun, di Jordania, nasibnya malah berbeda.

Uum mengaku menyesal karena begitu saja terlalu memercayai agen TKW di Bogor dekat Pasar Kosong yang sudah memberangkatkannya ke Jordania. Agen tersebut ternyata ilegal. "Sebenarnya saya agak heran waktu mau berangkat, kata agen saya enggak boleh bilang ke Jordania, bilang saja mau ke Dubai. Terus saya juga cuma disuruh medical check up, enggak dikasih pelatihan dulu. Tapi, saya nggak curiga karena dari dulu pakai agen itu waktu ke Saudi sama Kuwait," kata Uum.

Meski dia telah bebas dari kekejaman majikannya di Jordania, Uum tak kuasa menahan rindu pada keluarganya di Karawang. Dia ingin segera pulang ke kampung halamannya, Kampung Dukuh, Kecamatan Rengasdengklok, Kawarang, untuk bersua dan melepas rindu bersama anak, suami, serta ibu tercintanya.
Ibu tiga orang putra ini mengaku akan berusaha sekuat tenaga untuk cepat sembuh agar bisa mencari pekerjaan di negeri sendiri. Meskipun sulit, dia meyakini akan selalu ada jalan bagi setiap orang yang mau berusaha.(*)

BEASISWA MONBUKAGAKUSHO


Pada saat ini sekitar 2000 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.
    Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.
·  Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) TAHUN 2012 untuk Program Penataran Guru untuk keberangkatan tahun 2013 telah dibuka tanggal 19 November 2012 dan akan ditutup pada tanggal 25 Januari 2013.
·  Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO) TAHUN 2012 untuk Program Japanese Studies untuk keberangkatan tahun 2013 telah dibuka tanggal 19 November 2012 dan akan ditutup pada tanggal 25 Januari 2013


Pusat Informasi, Pendidikan dan Kebudayaan

Kedutaan Besar Jepang memiliki perpustakaan yang terletak di lantai 2. Perpustakaan ini menyediakan informasi beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke Jepang, CD lagu-lagu maupun musik Jepang, buku-buku pengetahuan, dan lain sebagainya. Waktu kunjungan adalah sebagai berikut :
Hari        : Senin                  - Jumat
Jam        : 08:15 - 12:15     13:30 - 15:30
Kunjungan ke Kedutaan Besar Jepang
Perpustakaan Kedubes Jepang menerima kunjungan bagi siswa-siswi yang ingin mengenal Jepang lebih jauh lagi. Pengunjung akan diajak untuk menyaksikan video mengenai Jepang. Tema video dapat ditentukan oleh pengunjung. Setelah pemutaran video, peserta dapat berinteraksi langsung dengan staf Jepang Kedutaan Besar dengan melakukan tanya-jawab, diskusi, dan bahkan kuis.
Cara pengajuan kunjungan ke Kedubes Jepang di Jakarta:
Mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Bagian Penerangan dan Kebudayaan, paling lambat 1 (satu) bulan sebelum waktu kunjungan yang diajukan.
Waktu kunjungan adalah dari hari Senin hingga Jumat, pukul 10:00 - 12:00.
Bilamana ada pertanyaan yang ingin diajukan sehubungan perihal tersebut diatas, Anda dapat menghubungi Ibu Riri (staf bagian Penerangan & Kebudayaan), tel. (021) 3192-4308 pada jam dan hari kerja.
Buku-buku
Buku-buku pengetahuan, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris -seperti budaya, politik, ekonomi maupun wisata dapat Anda lihat di sini. Selain itu, juga tersedia jurnal-jurnal seperti jurnal antropologi, kedokteran, teknik, dan lain sebagainya. Bagi mereka yang berminat, buku-buku atau jurnal-jurnal tersebut dapat dipinjam.
Syarat peminjaman:
Mengisi formulir peminjaman buku dengan lengkap.
Meninggalkan kartu identitas asli seperti KTP, SIM, atau KTM yang masih berlaku. Hal ini dilakukan karena Perpustakaan Kedubes Jepang tidak menerapkan sistem keanggotaan.
Maksimal peminjaman buku adalah empat (4) buah. Masa peminjaman adalah:
1 - 2 buku       2 hari
3 - 4 buku       4 hari
Mengingat keterbatasan jumlah persediaan buku yang ada, kami harapkan peminjam mengembalikan buku-buku tersebut tepat pada waktunya.
Majalah
Perpustakaan menerbitkan majalah dwi bulanan, yaitu Aneka Jepang. Majalah ini berisi tentang kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Kedubes Jepang, dan juga budaya Jepang. Selain itu, ada juga majalah Nipponica. Majalah-majalah tersebut diperuntukkan untuk umum dan diberikan secara cuma-cuma. Bagi yang berminat, silakan datang untuk mengambilnya di Perpustakaan.
CD
Anda dapat mendengar CD lagu atau musik Jepang di Perpustakaan Kedubes Jepang.
Video
Selain mendengarkan lagu atau musik Jepang, Anda juga dapat menikmati video-video pengetahuan tentang Jepang. Beberapa video bahkan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.(*)

Chantal Della Concetta: Anak Sekarang Main Pecat Saja

Chantal Della Concetta bersama putranya.
Sebagai ibu, Chantal Della Concetta mengaku cukup ketat mengawasi kedua anaknya ketika menggunakanan smartphone. Chantal merasa khawatir jika sang buah hati tanpa sengaja menggunakan gadget itu secara tidak sesuai dengan usianya.
"Namanya anak zaman sekarang kan asal main pencet-pencet saja. Jadi, harus ada filter buat anak-anak. Jadi, enggak ada konten dewasa. Sudah di-setting dari sana. Kalau enggak, dia bisa men-download yang aneh-aneh," jelas pembawa acara bincang-bincang dewasa di layar kaca ini dalam wawancara pada peluncuran iPhone 5, di 7Eleven Jalan Teluk Betung, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2012) dini hari.
Namun, Chantal juga tak ingin anak-anaknya--yang lelaki berusia delapan tahun dan yang perempuan berumur tiga tahun--menjadi gagap teknologi. Sedini mungkin ia mengenalkan cara penggunaan gadget yang baik dan benar kepada anaknya.
"Mau enggak mau. Kita juga enggak mau, di perkembangan teknologi yang canggih, kita ketinggalan. Yang penting, kita perkenalkan mereka, kita tahu mana yang bisa upload atau enggak. Harus dong memperkenalkan ke anak-anak," jelasnya pada kompas.com.
Berkat pengawasan yang cukup ketat, Chantal mengaku hingga kini belum pernah kecolongan. "Begitu aku punya (gadget), langsung tanya di mana menunya. Kalau semua sudah di-flter, aman,"ujarnya.(*)

"Tur Virtual" Keindahan Arsitektur Katedral


Arsitektur Gereja Katedral Jakarta, Senin (10/12/2012). Tempat ibadah bagi umat Katolik ini dibangun dengan gaya neo-gotik dan diresmikan pada 21 April 1901. Selain tempat ibadah, di bagian atas Katedral terdapat museum yang menyimpan barang peninggalan selama Katedral ini berdiri. (foto: kompas images )




Melalui perjalanan panjang selama lebih dari 100 tahun, Gereja Katedral sampai saat ini masih berdiri kokoh. Keindahan arsitektur awal abad ke-20 pada gereja ini tetap memikat dan terekam indah dalam "tur keliling foto 360 derajat" ini.

Sejarah gereja ini bermula pada 1828, yaitu ketika Komisaris Jenderal Leonardus Petrus Josephus Burggraad Du Bus de Gisignies mencari tanah untuk membuat gereja. Tanah tersebut akhirnya ia dapatkan dengan membeli, dan bukan hibah.

Di tanah tersebut sudah terdapat sebuah bangunan. Bangunan ini kemudian mengalami sedikit perombakan. Baru pada 1880, gereja tersebut mengalami renovasi cukup besar dengan mengubah tampilan muka.
Sayangnya, pada 1890 gereja tersebut runtuh karena usang.

Sementara itu, umat tetap membutuhkan gedung yang baru. Maka dari itu, perencanaan pembangunan Gereja Katedral kembali dimulai sejak 1891.

Saat itu, Pastor Antonius Djikmans SJ berperan sebagai arsitek. Namun, setelah pembangunan berjalan selama 7 bulan, pembangunan gereja terpaksa dihentikan lantaran kekurangan biaya.
Tak tinggal diam. Uskup Mgr. Edmundus Sybrandus Luypen SJ kemudian melakukan berbagai cara untuk mengumpulkan dana bagi pembangunan gereja.

Di tengah proses pengumpulan dana, Pastor Antonius jatuh sakit. Namun, ia tidak dapat menunggu lebih lama dan terpaksa kembali ke Belanda pada 1894.
Marius J. Hulswit kemudian melanjutkan pembangunan Gereja Katedral. Ia melakukanya tanpa mengubah blueprint yang dibuat oleh Pastor Antonius.

Gereja ini kemudian diresmikan pada 21 April 1901 oleh Uskup Mgr. Edmundus Sybrandus Luypen SJ. Sejak saat itu, gereja yang baru saja dibangun ini kembali dinamakan dengan Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga.

Perlambang Bunda Maria
Sesuai namanya, gereja ini memang dibangun sebagai perhormatan kepada Bunda Maria. Berbagai simbol yang melambangkan Bunda Maria tersebar di seluruh gereja, mulai patung berbentuk figur Bunda Maria hingga bunga mawar. Bahkan, struktur gereja ini juga menjadi perlambang bagi Bunda Maria.

Melangkah mendekati Katedral, Anda akan disambut oleh patung Bunda Maria di antara kedua pintu utama. Di atas patung tersebut terdapat kalimat dalam bahasa Latin berbunyi "Beatam Me Dicentes Omnes Generasiones". Jika diterjemahkan, kalimat tersebut kira-kira berbunyi, "Segala keturunan menyebut aku bahagia".

Melihat lebih ke atas, Anda akan menemukan jendela besar berbentuk lingkaran dengan kaca berwarna-warni membentuk mawar. Inilah satu-satunya jendela dengan potongan kaca berbentuk mawar di Katedral. Jendela ini bernama Roseta atau Rosa Mistica, yang juga merupakan simbol Bunda Maria.
Lebih ke atas lagi, Anda juga akan melihat dua menara menjulang tinggi. Menara setinggi 60 meter ini diberi nama Menara Benteng Daud dan Menara Gading. Menara Benteng Daud di sebelah kiri gereja ini merupakan perlambang Bunda Maria melindungi manusia dari kuasa kegelapan.

Detil menara ini sepintas mengingatkan kita pada bentuk benteng kokoh yang menunjukkan nama tersebut. Sementara di sisi lainnya, Menara Gading di sebelah kanan adalah perlambang kesucian Bunda Maria.
Sebenarnya, Katedral memiliki tiga menara. Selain Menara Benteng Daud dan Menara Gading, ada juga Menara Angelus Dei yang hanya setinggi 45 meter. Lokasi menara ini berada tepat di atas pertemuan antara dua garis yang membentuk salib.

Neo-Gothic dan Ketuhanan
Hampir seluruh bagian dari gereja ini memiliki makna di balik penempatan dan pembuatannya. Dari sekedar ornamen hingga struktur bangunannya tidak lepas dari pemaknaan.
Selain menjadi devosi bagi Bunda Maria lewat ornamen, patung, dan jendela, denah gereja ini bahkan berbentuk salib. Karena dibangun dengan menggunakan gaya arsitektur neo-gothic seperti bangunan-bangunan lain di Eropa pada awal abad ke-20, di gereja ini Anda akan sering bertemu dengan berbagai bentuk daun dan bunga.

Koordinator Museum Katedral Susyana Suwadie mengatakan, konsep zaman Gothic timbul karena keinginan memurnikan kembali hubungan antara manusia dengan Tuhan. Karena itulah, bentuk-bentuk lengkungan yang mengerucut ke atas menyerupai daun akan mudah Anda temukan di dalam Katedral.
Salah satu contoh kerucut daun itu hadir pada langit-langit gereja. Ia menjadi perlambang akan hubungan antara manusia dengan keagungan Sang Pencipta.

Namun, meski sama-sama dibangun dengan gaya neo-gothic, Gereja Katedral memiliki perbedaan dengan gereja lain di Eropa. Perbedaan unik tersebut berada pada bahan pembuat dinding Katedral. Jika pada umumnya Katedral dibuat menggunakan batu alam, Katedral Jakarta justru menggunakan batu bata.
Kemungkinan besar, material lokal ini dipilih untuk mengantisipasi gempa yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Hanya rangka besi yang didatangkan langsung dari Belanda. Selain itu, batu bata dan kayu jati untuk langit-langit Katedral merupakan hasil bumi Indonesia.

Semakin mengagumi eksterior serta konstruksi gereja ini, Anda juga akan semakin kagum dengan interior gereja yang dibuat dengan penuh perhatian dan detil. Di dalam, Anda akan menemukan setidaknya sembilan ruangan.

Ruangan pertama yang Anda temukan jika masuk melalui pintu utama adalah sebuah foyer. Susy mengatakan, sangat penting menghadirkan ruang kecil ini bagi umat.
"Zoning atau orientasi ruangan membantu siapapun yang masuk ke ruangan agar mampu menyesuaikan diri untuk menghadapi ruang yang lebih suci," ujarnya.

Melewati foyer, Anda akan menjumpai "panti umat", yaitu sebuah ruangan besar berisi deretan kursi panjang tempat umat beribadah. Ruangan ini dapat menampung hingga 700 umat.

Selain berisi deretan kursi, di tempat ini juga terdapat mimbar buatan Firma Te Poel & Stoltefusz dari Den Haag. Mimbar dengan penutup menyerupai kerang ini memiliki detil sangat unik dan mengagumkan.
Anda juga akan menemukan tiga level dalam mimbar tersebut. Level paling bawah berukir berbagai hewan, makhluk-makhluk penghuni neraka. Level di tengah berisi cerita ketika Yesus tengah mengabarkan Injil.
Adapun level teratas menggambarkan surga. Kerang yang tampak seperti "tudung" mimbar ini sendiri berfungsi sebagai akustik yang mampu membesarkan suara imam ketika menyampaikan kotbah.

Di kanan dan kiri "panti umat" masing-masing terdapat dua ruang tempat umat menjalankan sakramen pengakuan dosa. Meski tidak dibatasi dinding, di depan "panti umat" terdapat ruangan bernama "panti imam" yang sedikit lebih tinggi dari "panti umat".

"Panti imam" merupakan tempat altar utama, serta Altar Santa Maria di sebelah kiri, dan Altar Santo Yosef di sebelah kanan. Selain itu, di "panti imam" ini juga terdapat tahta uskup yang dikenal dengan sebutan "Kathedra" di sisi kiri altar utama.
Di belakang "panti imam", Anda akan menemukan ruang sakristi. Ruang dengan akses pintu dari kanan dan kiri altar tersebut berfungsi sebagai ruang bersiap bagi para imam dan para petugas misa. Selain itu, ruang ini juga berfungsi sebagai ruang penyimpanan keperluan misa.
Bagian terakhir gereja ini adalah ruang mezzanine atau balkon. Dari ruang ini, Anda dapat langsung melihat mimbar di bawahnya.

Ruang ini dapat Anda akses melalui tangga lewat pintu yang berada tidak jauh dari pintu masuk utama setelah melewati foyer. Ruang tersebut kini digunakan sebagai lokasi Museum Katedral dan tempat menaruh orgel.

Museum
Museum Katedral lebih tepat disebut dengan "tempat penyimpanan" untuk semua mata. Sejak 28 April 1991, ruang mezzanine atau balkon tersebut digunakan sebagai museum. Ruang ini didirikan oleh Pastor Rudolphus Kurris SJ dan diresmikan oleh Mgr. Julius Darmaatmadja SJ.

Di museum ini Anda akan menemukan berbagai benda koleksi Katedral serta sejarah gereja katolik di Indonesia. Umumnya, benda-benda koleksi di tempat ini merupakan barang-barang yang pernah digunakan di dalam Gereja Katedral.

Mungkin, Anda bertanya-tanya, bagaimana merawat berbagai koleksi berusia ratusan tahun, relikui suci, serta benda-benda bersejarah yang terkait dengan gereja ini?
Saat ini, ada 12 sukarelawan bertanggung jawab mengawasi dan merawat barang-barang koleksi museum tersebut. Mereka juga sesekali menerima undangan dari Museum Nasional untuk pendidikan singkat dalam merawat benda-benda kuno.

Kini, berkat kerja keras para sukarelawan tersebut, Museum Katedral sempat menerima menghargaan Museum Terbaik Kategori Cagar Budaya dari Museum Award DKI di 2011.(*)
Sumber: Kompas.com

Ternyata Selama Ini Logo Busway Salah

Logo Busway
Anda pasti tahu logo bus Trans Jakarta alias busway: seekor burung elang yang merentangkan sayap dan mencengkram tiga buah salak. Logo tersebut merepresentasikan elang bondol dan salak condet, maskot flora dan fauna Jakarta yang ditetapkan Gubernur Ali Sadikin puluhan tahun lalu.

Namun, tahukah Anda jika gambar elang di logo busway tersebut keliru? Soalnya, gambar elang di logo busway tersebut bukanlah Elang Bondol atau Elang Jawa (Haliastur Indus), melainkan Elang Botak Amerika (Haliaeetus leucocephalus).

Memang jika dilihat sekilas, keduanya sangat mirip. Tetapi bulu putih Elang Bondol lebih banyak, hingga menutupi bagian dada, sementara bulu putih Elang Botak Amerika (American Eagle) hanya menutupi bagian kepala dan leher.Sangat disayangkan, kita lebih mengenali satwa negeri orang ketimbang satwa di negeri sendiri.(int)

Inilah 9 Finalis Para Bidan Menjadi Srikandi Award 2012

Bidan yang menjadi Srikandi Awards 2012. Foto:Tribun
PT Sarihusada dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk keempat kalinya menyelenggarakan "Srikandi Award", sebuah penghargaan kepada bidan pilihan yang telah mengabdikan dirinya bagi masyarakat, khususnya dalam upaya mempercepat pencapaian beberapa poin penting Millenium Development Goals (MDGs) yaitu menurunkan angka gizi kurang dan gizi buruk, angka kematian bayi/balita dengan meningkatkan derajat kesehatan ibu melalui program sosial Pos Bhakti Bidan.

Corporate Affairs dan Legal Director Sarihusada Yeni Fatmawati mengatakan, Srikandi Award tahun ini terdiri dari 250 program Pos Bhakti Bidan yang tersebar di 18 propinsi yang akan memilih sembilan bidan dengan inisiatif terbaik.

"Setiap tahunnya, kami berusaha untuk memilih tema yang berbeda, Tahun ini kami mengangkat 'Cinta 9 Bidan, sebagai tema Srikandi Award 2012," kata Yeni Fatmawati, Senin (17/12/2012).

Sosok sembilan bidan digambarkan melalui ketulusan cinta mereka yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakatnya melalui inisiatif yang relevan dan berhasil guna.

Dari lebih dari 500 proposal program Pos Bhakti bidan yang diterima, dewan juri telah menyaring 250 bidan yang mendapatkan dukungan dari Sarihusada untuk pelaksanaan program sosial kemasyarakatan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Setelah melakukan sosialisasi program, mentoring dan monitoring para kandidat, Sarihusada dan IBI kemudian menentukan sembilan bidan dengan program terbaik, dimana mereka dianggap bisa menjadi program percontohan untuk pelaksanaan program kemasyarakatan terbaik di masyarakat.

"Kesembilan bidan tersebut akan menjalani penjurian akhir untuk menentukan program terbaik berdasarkan tiga kriteria inisiatif, yaitu: inisiatif Pemberdayaan Ekonomi dan Pangan, Peningkatan Kesehatan Anak dan Peningkatan Kesehatan Ibu," tambah Yeni.

Dewan juri Srikandi Award 2012 terdiri dari dr. Kartono Mohamad (Mantan Ketua IDI, Ketua Dewan Juri Srikandi Award), Dr. H. Abidinsyah Siregar, DHSM, Mkes. (Kantor Kementerian Kesehatan RI), Dr. Harni Koesno, MKM (Ketua Umum IBI), Diah Saminarsih (Asisten Utusan Khusus Presiden untuk MDGs, Bidang Percepatan MDGs Dalam Negeri dan Sinergi Komunitas), dan Dr. Pinky Saptandari, M.A. (Staf Ahli Menteri Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia), dan Ninuk Pambudi (Wapemred Kompas).

Inilah 9 Finalis Srikandi Award 2012 untuk berbagai kategori

Finalis kategori MDGs 1 - Inisiatif Pemberdayaan Pangan dan Ekonomi Lokal :1. Bidan Wilda Inayah dari Wonosobo, Jawa Tengah dengan nama program : 'Kreasi Gizi di Kumbung Padi'.
2. Bidan Suhatmi Puji Lestari dari Sragen, Jawa Tengah dengan nama program : 'Modal Menthok Bekal Mandiri'.
3. Bidan Sunarti dari Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta dengan nama program : 'Sumber Gizi dan Tanah Kami'.

Finalis kategori MDGs 4 - Inisiatif Peningkatan Kesehatan Anak :4. Bidan Patima Ohorella dari Tulehu, Maluku Tengah dengan program : 'Delivery Rantang Nutrisi'.
5. Bidan Muna dari Sulawesi Tengah dengan nama program : 'ASI, Bukti Cinta Ibu'.
6. Bidan Syafrianti dari Kuantan Siangngi Riau dengan nama program : 'Pondok Gizi untuk buah Hati'.

Finalis untuk kategori MDGs 5 - Inisiatif Peningkatan Kesehatan Ibu :7. Bidan Siti Kholifah dari Pacitan , Jawa Timur dengan nama program : 'Hamil Sehat Ibu Belia'.
8. Bidan Kasriyatun dari Pati, Jawa Tengah dengan nama program : 'Menepis Ironi di Ladang Garam'.
9. Bidan Nurifah Siregar dari Ketapang, Kalimantan Barat dengan nama program : 'Edukasi Dini Menyambut Buah Hati'.(*)

Silvio Berlusconi Bertunangan Dengan Gadis 28 Tahun

Silvio Berlusconi
Italia - Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi (76) resmi bertunangan dengan seorang gadis berusia 28 tahun. Karena itu, Berlusconi mengatakan sudah tidak begitu kesepian lagi.

Raja media Italia ini dengan demikian kini memiliki pacar resmi bernama Fransesca Pascale.
Sebelumnya, Berlusconi sudah dua kali menikah. Istri keduanya meninggalkan dia pada tahun 2008 dengan alasan karena Berlusconi suka berselingkuh dengan gadis-gadis belia.

Berlusconi kini juga sedang dalam proses pengadilan karena pernah melakukan hubungan intim dengan gadis di bawah usia layak dan dituduh menggunakan kekuasaan untuk menutup skandal asmara itu seperti diberitakan Associated Press.(*)

Menkeu Bantah Setor Dana Siluman ke IMF

Agus Martowardojo. foto:kompas/riza fathoni
Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo membantah bahwa pemerintah menyetor dana misterius/siluman ke Dana Moneter Internasional (IMF) senilai Rp 25,8 triliun. Itu hanya dana pinjaman ke IMF. "Itu tidak ada," kata Agus saat ditemui selepas Rapat Koordinasi tentang Lapangan Kerja di Kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Senin (17/12/2012) malam.

Menurut Agus, dana tersebut adalah dana pinjaman ke IMF. Dana tersebut saat ini berada di dalam pengelolaan Bank Indonesia. Meski bersifat pinjaman ke IMF, dana tersebut tidak langsung diberikan secara tunai ke IMF.

"Ini sifatnya standby loan, jadi itu semua ada di BI dan hanya BI yang bisa menjawab," tambahnya.
Agus juga menyebut bahwa dana tersebut bukan merupakan dana untuk menjadi anggota IMF. Agus menjelaskan bahwa dana ini hanya partisipasi negara-negara yang tergabung dalam G20 untuk memperkuat kondisi atau potensi keuangan IMF. "Dan itu kesepakatan pertemuan pemimpin G20 sejak 2008," tambahnya.

Sekadar catatan, pemerintah diketahui menyetorkan uang kepada IMF, sekitar Rp 25,8 triliun. Penyetoran ini masuk dalam item penyertaan modal laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) semester I tahun 2012.
Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) mempertanyakan tujuan penyetoran tersebut. "Ini misterius, untuk apa setorannya, belum ketahuan," kata Direktur Riset Fitra Yenny Sucipto dalam jumpa pers di Sekretariat Fitra di Jakarta, Minggu (16/12/2012).

Menurutnya, tujuan penyetoran dana ini belum jelas. Dalam LKPP semester I tahun 2012 hanya tertulis bahwa dana triliunan rupiah itu disetorkan pemerintah ke IMF pada 2011 sebagai kewajiban keanggotaan di organisasi atau lembaga keuangan internasional maupun regional.
Setoran yang cukup besar ini, menurut Yenny, jelas merugikan keuangan negara karena belum diketahui apa keuntungan balik yang didapat pemerintah dari penyetoran tersebut.

"Seharusnya merugikan negara. Kita buktikan nanti dalam laporan LKPP di tahun berikutnya, di semester II tahun 2012 atau di semester I 2013," ujarnya.

Yenny juga menduga kalau penyertaan modal kepada IMF ini merupakan awal dari kerja sama pemerintah dengan lembaga pendanaan asing tersebut. Dia juga mengatakan, penyetoran dana ke IMF ini misterius karena tidak ditemukan dalam LKPP tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Yenny, setoran triliunan rupiah ini bukanlah pembayaran cicilan uang pemerintah kepada IMF. "Kalau pembayaran utang kan item-nya ditulis berbeda di LKPP. Kalau utang itu akan tertulis di item pembayaran utang atau belanja," katanya.

Selain ke IMF, pemerintah menyetorkan dana miliaran rupiah ke empat lembaga asing lainnya, yakni International Bank for Reconstruction Development sekitar Rp 39 miliar, International Development Association sekitar Rp 5 miliar, Multilateral Investment Guarantee Agency sekitar Rp 10 miliar, dan Common Fund for Commodities senilai Rp 2,6 miliar. Adapun total penyertaan modal untuk lima lembaga asing tersebut sekitar Rp 25,9 triliun.(*)
Sumber: kompas.com

Mahasiswa FE USU Dimassa, Mobil Dibakar

Foto:Tribun Medan/riski cahyadi
Medan - Mahasiswa Fakultas Ekonomi USU, Eko (22) terbaring koma di RS Bunda Thamrin Jl Seibatanghari Medan, setelah diamuk massa, Senin (17/12).

Hingga pukul 20.00 WIB, sudah enam jam pria berbadan subur itu tak sadarkan dengan lebam dan luka dibalut perban putih di badan dan wajah.  Anak semata wayang dari Teguh, karyawan PTPN III itu, menjadi korban amuk massa setelah bertabrakan dengan Yoan Lubis (20) yang mengendarai sepeda motor Shogun di Jl Setia Budi Pasar 6 Tanjungsari, Medan.

Massa membakar mobil Nissan X-Trail silver BK 777 CO, yang dikendarai Eko, yang geram karena mobil itu sempat menyeret Shogun yang dikendarai Yoan sejauh 100 meter. Mereka menduga Eko berupaya kabur.

Kegeraman massa makin menjadi-jadi, karena Eko disangka warga keturunan.   Namun Yoan yang sempat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkari Jl Hasyim Wahid Medan sudah pulang ke rumahnya, Senin sore. Ia mengalami luka lecet di kaki kiri dan luka memar di bokong.

Pantauan Tribun, Eko dirawat di kamar 315 RS Bunda Thamrin Medan. Ayah dan ibunya terpaku menunduk sambil sesekali melirik ke arah anak semata wayangnya tersebut.

Eko masih berkuliah di tingkat kedua Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU). Sebagai anak satu-satunya, Eko sangat dekat dengan kedua orangtuanya. Bahkan sebutan “anak mami” pun melekat pada pria Jawa kelahiran Sumatera ini. Ayahnya, Teguh, tak menyangka kalau kejadian nahas itu bisa menimpa putranya. Ia syok. Bahkan tak berselera untuk makan karena memikirkan kondisi putranya yang masih koma. 

 Hingga pukul 20.05, Eko belum ditangani tim medis spesialis, karena masih kedatangan dokter ahli.Di luar kamarnya, sekitar sepuluh pria berseragam biru tua dengan logo putih PTPN III di saku depan mereka, duduk berpencar di segala sudut.

Di depan pintu, seorang satpam RS Bunda Thamrin berdiri tegak sambil melihat kanan dan kiri. Sementara para perawat di bagian frontliner mendata setiap tamu yang ingin berkunjung ke lantai tiga itu. Penjagaan terhadap putra Teguh memang cukup ketat. Teguh tak ingin awak media tiba-tiba menerobos ke dalam dan bertanya peristiwa yang menimpa Eko.

Tribun sempat ditawarkan untuk melihat kondisinya. Namun karena masih belum sadar juga, mereka lalu menyarankan agar tidak mewawancarai siapapun. Karena keluarga masih syok dan lemas untuk ditanyai.

”Pak Teguh masih lemas. Dia khawatir dengan kondisi anaknya. Makanya dari tadi juga belum mau makan. Masih panik mungkin,” kata kerabatnya, Irawadi Lubis kepada Tribun, Senin malam.

Ia dan teman-temannya mengaku panik mendengar kondisi Eko babak belur dihajar massa.
Padahal selama ini Eko dikenal baik, pemalu, bahkan sedikit manja.

“Katanya dia bukan hendak melarikan diri sebenarnya. Dia cuma panik dan ketakutan. Lalu memilih untuk menuju kantor polisi terdekat dan melaporkan kejadian itu. Tapi ternyata begini kejadiannya. Saya tak menyangka massa jadi seberingas itu,” kata pria berkacamata yang merupakan Humas PTPN III ini.

Ia tak menyangka massa tega membakar mobil yang dikendarai Eko dan bahkan hampir menghilangkan nyawa putra Jawa dan Melayu tersebut.

 “Kalau saja polisi tidak cepat datang, mungkin nyawanya sudah  tidak tertolong lagi. Parah sekali kondisinya sekarang. Saya heran massa sekarang kenapa suka sekali main hakim sendiri. Padahal mungkin banyak yang hanya ikut-ikutan saja,” keluh Irawadi.

Ia mengatakan sebelum kejadian itu, Eko sebenarnya akan berangkat ke Kampus USU dari rumahnya.(ers/akb/tribunmedan)

Trio Mallarangeng Siap Beberkan Kasus Hambalang


Dari kiri Rizal M, Andi M dan Choel M.

Jakarta - Trio Mallarangeng yakni Andi, Rizal dan Choel dikaitkan dalam kasus korupsi Hambalang. Tak terima dengan tudingan itu, keluarga bangsawan asal Makassar akan membuka secara jelas jalannya kasus Hambalang. Rizal Mallarangeng mengatakan, dua saudaranya Andi dan Choel, akan mengungkapkan semua cerita Hambalang pada dua atau tiga hari mendatang.

“Paling lambat Hari Jumat, Choel dan Andi Insya Allah akan menceritakan secara terang benderang keterlibatan mereka,” kata Rizal, saat jumpa pers di Freedom Institute, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (17/12).

Rizal mengatakan, upaya memberikan keterangan ini dilakukan agar masalah Hambalang menjadi jelas dan masyarakat Indonesia mengetahuinya. Selain itulanjutnya, buka-bukaan kasus Hambalang ini hanya untuk memetik pengalaman agar mendapatkan tata pemerintahan yang baik nantinya dengan presentasi berjudul Teka-Teki Besar yang Akan Segera Diungkap.

“Saat ini kami masih mengumpulkan keterangan, dan Choel serta Andi untuk mengumpulkan ingatannya kembali,” pungkasnya. Lebih lanjut, Rizal mengatakan buka-bukaan pada kasus ini merupakan sudut pandang Andi dan Choel dalam kasus Hambalang. Rizal juga menyayangkan cover majalah Tempo yang terbit hari ini, yang memajang wajahnya melalui karikatur bersama Choel dan Andi Mallarangeng.

“Cover majalah Tempo akan saya tuntut karena dalam konteks situasi sekarang cover ini sengaja, dengan niat untuk mempengaruhi pikiran orang,” ujar Rizal .

Dalam cover majalah Tempo tersebut, Rizal mengatakan seolah-olah dirinya terlibat dalam kasus proyek sarana olahraga Hambalang, Jawa Barat yang menyeret Andi Mallarangeng sebagai Tersangka.

“Saya sebagai saudara yang baik mendampingi Andi Mallarangeng, terlepas dari kasus dan proses hukum. Tapi itu ditafsirkan lain dengan berniat jahat, yang terkesan saya menggotong karpet dengan dolar,” kata Rizal di depan para wartawan.

Dalam cover majalah Tempo tersebut Rizal Mallarangeng berjejer dengan dua Mallarangeng lainnya, yakni Choel dan Andi Alifian dan Ketiganya menggotong Karpet bermotif dolar.

Terbawa Lingkungan Sekitar
 Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie mengaku percaya, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng tidak bersalah dalam kasus Hambalang. Marzuki menduga Andi hanya tidak bisa menolak atas situasi di sekelilingnya.

“Sebagai sahabat, dia sahabat yang baik, ramah, enak sekali. Saya tidak percaya dia terlibat,” kata Marzuki Alie. Marzuki mengaku sangat mengenal Andi. Baginya, mantan Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat itu punya sifat tidak enakan.

“Lingkungan yang korup itu yang membuatnya terbawa arus. Sehingga dia dianggap melakukan pembiaran,” ujar Marzuki.

Marzuki pun tak kaget bila Andi sendiri amat santai menghadapi kasusnya. Mungkin Andi memang tidak menerima apa-apa. Meski begitu, Marzuki menyerahkan kasus Andi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Partai Demokrat tak akan mengintervensi.

 “Karena lalai pun, kalau tindak pidana korupsi pasti kena. Sekali lagi, saya serahkan ke KPK,” ujar Marzuki.(tribunnews)

2 Siswa SMAN Raih Prestasi IT di APICTA Award ke-12

Dua siswa SMAN 1 Sidoarjo mengukir prestasi dalam bidang informasi teknologi (IT). Mereka meraih juara dua dalam Asia Pacific ICT Alliance (APICTA) Award ke-12 yang diselenggarakan di Brunei Darussalam, 3-5 Desember 2012 lalu.

Mereka adalah M Rizqi Aulia Rahman Maulana (17) dan M Rindo Wardhana (17). Siswa kelas 3 jurusan IPA SMAN 1 Sidoarjo itu menyisihkan peserta dari 11 negara lainnya dengan membuat karya bernama edunesia.org, sebuah website yang didesain untuk sarana belajar secara online. »Tidak butuh biaya banyak untuk menciptakan website ini” Kata Rizqi, Senin 17 Desember 2012.

Ia dan Rindo mendesain website dengan aplikasi program komputer yang dipelajarinya secara autodidak sejak SMP. Mereka mengeluarkan duit untuk membayar domain dan biaya server senilai US$ 12,29  atau Rp 120.000 per tahun untuk domain dan server US$ 5,59 atau Rp 50.000 per bulan.
Menurut kedua siswa IPA ini, desain website itu mereka rancang selama dua bulan. Waktu itu dipakai untuk menggali ide, membuat desain, membuat program hingga mengisi katalog mata pelajaran bidang IPA. »Tidak harus mendaftar, asal punya akun media sosial, bisa masuk ke website ini,” kata Rizqi.

Website mereka berisikan sejumlah fitur layaknya fitur yang ada di sejumlah sosial media, misalnya facebook, google, openid dan twitter. »Sehingga website ini lebih menyenangkan karena bisa saling berinteraksi,” kata M Rizqi.

Menurut Rindo, edunesia.org sesuai namanya diperuntukkan untuk sarana edukasi siswa secara online. Selain antarsiswa, website didesain untuk  berinteraksi antar siswa dan guru. »Siswa bisa bertanya pelajaran tertentu pada guru bidang studi tertentu,” ujarnya.

Semua fitur yang ada berkaitan dengan pembelajaran. Ada fitur latihan soal dan rangkuman, butuh bimbingan guru, tanya bebas dan tugas soal, tugas kelompok, live teaching, hingga fitur tryout online. Dengan fitur itu, siswa juga bisa belajar berkelompok tanpa tatap muka.

Kesulitan siswa saat mengerjakan tugas juga bisa diatasi dengan website ini. Siswa bisa memanfaatkan fitur butuh bimbingan guru. Siswa cukup mengetik materi pertanyaan, dan sistem website ini akan mengarahkan pertanyaan itu ke guru yang sedang online. Pertanyaan pun langsung terjawab.

Kepala SMAN 1 Sidoarjo Sukemad berharap prestasi yang diukir dua siswanya ini mampu menjadi inspirasi bagi adik-adik kelasnya menorehkan prestasi serupa di bidang lainnya. »Sekolah akan mendorong siswa untuk berkarya. Kami siap memfasilitasi semaksimal mungkin,” ucapnya bangga.(*)
Sumber: tempo.co

SBY Teteskan Airmata Saat Tonton Film Habibie dan Ainun

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanyut dalam Film "Habibie & Ainun", yang diangkat dari kisah cinta Presiden III RI tersebut.

Presiden, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Isteri serta anggota Kabinet Indonesia Bersatu menonton kisah cinta mantan presiden RI III dan mendiang Ainun di XXI Epicentrum, Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta, Senin (17/12/2012) sore.
Presiden yang mengenakan batik warna hijau tampak antusias menyaksikan film besutan sutradara suami dari aktris Zaskia Adya Mecca memiliki yang berkisah tentang percintaan BJ Habibie dengan mendiang istrinya itu.

Sejak awal film ditayangkan, Presiden tampak larut dalam aksi aktor Reza Rahardian yang memerankan Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun.
Airmata SBY tak tertahan mengalir dari pelupuk matanya, saat adengan Ainun berjuang dalam sakitnya Kanker Ovarium tingkat akhir.
Air muka Presiden SBY tampak terenyuh menyaksikan pergumulan Ainun dengan sakitnya, dan Habibie dalam perjuangannya melepaskan sang isteri dari sakitnya melalui kekuatan medis yang terbaik di Rumah Sakit di Jerman.

Airmata Presiden pun meluncur ketika, saat-saat cinta Habibie dan Ainun bersatu dan saling menguatkan, sebelum semuanya harus terjadi sesuai rencana sang Khalik.
SBY pun tampak beberapa kali mengusap airmatanya dengan tangannya. Begitu juga tampak dengan Ibu Negara, yang berada di sisi kiri Presiden.

Saat-saat perjuangan Ainun dalam operasi yang dilakukan beberapa kali, dan nilai cinta sejati yang ditunjukan Habibie membuat SBY dan hadirin mengharu biru, meneteskan airmata.
"Saya terharu betul. Luar biasa," ujar SBY, kepada media, usai memberikan rekomendasinya atas Film cinta Habibie dan Ainun.(*)
Sumber: tribunnews.com

Cari Indonesiaku

Memuat...